Wentworth Prison (2013-); Serial TV Permusuhan Sengit dalam Sel Tahanan Perempuan

Wentworth Prison (2013-); Serial TV Permusuhan Sengit dalam Sel Tahanan Perempuan
Wentworth Prison (2013-). Sumber gambar: IMDB

Wentworth adalah serial TV Australia yang memiliki alur cerita mengaysikkan tentang kehidupan dalam sebuah tahanan elite

Bea Smith harus mendekam di Wentworth Correctional Centre karena berusaha membunuh sang suami yang kerap melakukan tindak kekerasan dalam rumah tangga. Ia harus merelakan terpisah dari putri satu-satunya, Debbie, yang baru berusia 16 tahun. Ia pun ditempatkan satu blok dengan Franky Doyle dan lima tahanan wanita lainnya.

Franky (Nicole da Silva) adalah top dog (yang berkuasa) di blok. Kalau di serialĀ ini, dia mewakili tahanan berusia muda dan pemeran lainnya sebagian besar sudah tua-tua. Dari gestur, terlihat dia punya jiwa pemberontak dan pemberani. Tidak hanya itu, dia juga berpacaran dengan Kim, sesama tanahan. Kehadiran Bea disambut ramah oleh Franky.

Karakter lain di blok itu juga ada Liz, dia ini dipilih oleh pihak penjara untuk menjadi mediator antara tahanan dan pihak penjara. Dia bisa dibilang informan, tapi juga pandai menjaga rahasia teman-temannya. Liz dipenjara karena menabrak ibunya dalam keadaan mabuk. Sudah lama Liz kecanduan alkohol dan menolak direbahilitasi.

Selain itu, ada pula Doreen. Perempuan berkulit hitam ini masuk penjara karena didakwa melakukan pembunuhan pada janin yang dikandungnya. Suatu kali ia mengendarai mobil dalam keadaan hamil dan mengalami kecelakaan. Rasa sedihnya kehilangan anak, sedikit terobati dengan kehadiran Kaiya, putri dari tahanan lain yang dipenjara karena memakai naskoba.

Ada pula Boomer, yang bertubuh tinggi besar dan siap membela Franky kapan saja. Tokoh ini memang tidak terlalu menonjol tapi kehadirannya di saat-saat penting membuat saya suka dengan dia.

Itu saja? Tentu saja tidak. Franky punya musuh besar. Seorang perempuan paruh baya bernama Jacs Holt, yang harus mendekam selama 14 tahun karena pembunuhan. Jacs dengan karakter antagonisnya membuat cerita ini sepanjang 10 episode terasa hidup. Pembawaannya yang tenang dengan rencana jahat yang selalu ada untuk Franky memang membuat suasana tegang selalu ada tanpa dipaksakan. Perseteruan keduanya diketahui oleh setiap tahanan tapi setiap kali mereka melakukan aksi hingga melukai, tidak ada yang mau mengadu ke pihak penjara. Mereka menganggap, melapor adalah pilihan buruk.

Franky meminta Bea untuk menjadi suruhannya, dengan menandatangani surat penjanjian. Salah satu tugasnya adalah menyelundupkan narkoba. Tapi rencana itu ketahuan dan ia harus dihukum di ruang isolasi. Ia bukan orang pertama yang disuruh melakukan hal itu. Bea tidak melaporkan hal itu karena sudah terikat perjanjian dengan Franky.

Hadirnya kembali Jacs membuat Franky kesal. Jacs berusaha untuk menguasai Bea, bahkan dengan memanfaatkan Debbie. Demi keselamatan sang putri, Bea akhirnya patuh pada perintah Jacs, termasuk melukai Franky di ruang laundry.

Sebuah pembunuhan terjadi di penjara itu dimulai dengan adanya tawuran antara bloknya Franky dengan Jacs. Sang gubernur, Meg, ditemukan tewas ditikam. Tuduhan pelaku tertuju pada Bea, meski tidak ada bukti, suami Meg, Will terus saja memandang Bea sebagai pelaku. Bea punya saksi, yaitu Kaiya. Karena masih kecil, Kaiya tidak bisa memberi kesaksian.

Tidak hanya para tahanan yang di sini memiliki masa rahasia di masa lalunya, tapi para sipir pun juga. Meg ketika sudah tewas, diketahui sedang mengandung selama 3 minggu. Meg menyembunyikannya karena kemungkinan ayah dari anak itu bukanlah Will.

Ada pula Erica. Dia adalah pengganti Meg sebagai gubernur, menyingkirkan Vera. Sebelum ia dilantik menjadi gubernur atau kepala sipir, ia tahu jika salah satu guru di Wentworth memasok narkoba untuk salah satu tahanan. Selain itu, Erica ini naksir sama Franky. Di season ini, Erica cuma kebagian scene ciuman aja sama Franky. Sisanya, Franky sama Kim.

Bagaimana dengan Will? Setelah kematian sang istri, dia makin gencar menggunakan narkoba dan alkohol. Tempramental pun menjadi hasil dari kebiasaan buruknya. Ia juga mulai suka ngeseks dengan pelacur.

Fletcher memiliki masa lalu suram ketika bertugas di Timor Leste saat sedang referendum, ia pernah menyaksikan seorang anak ditembak, dan ia hanya membiarkannya. Suara tembakan itu terus bergaung di telinganya. Ia berusaha melupakan tetapi sulit.

Vera adalah adalah sipir yang tidak punya pergaulan karena sang ibu selalu melarangnya. Ia membohongi teman-temannya dengan sosok pacar imajiner. Vera tampak sebagai sosok yang tidak percaya diri sehingga Erica bisa dengan leluasa merebut posisi gubernur.

Jacs dengan kekejamannya, mengutus putranya untuk menjerumuskan Debbie pada alkohol dan obat-obatan, sementara Harry seakan lari dari tanggung jawab untuk melindungi putrinya.

Karakter-karakter dalam Serial Wentworth memang mudah mengecoh. Siapa loyal kepada siapa, kadang penuh jebakan. Tokoh Doreen salah satunya. Ia menunjukkan kesetiaan pada Franky, tapi juga tidak berani melawan Jacs. Jadi, nikmati saja ceritanya sampai episode kesepuluh. Ada kejutan besar di episode ini dan membuat saya tidak sabar menunggu season selanjutnya yang baru tayang 20 Mei 2014.

 

Yogyakarta, 3 Mei 2014.

Nisrina Lubis

Nisrina Lubis

Saya menganggap blog ini sebagai rumah virtual. Segala yang saya sukai, saya tuliskan di sini, tanpa kecuali. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Menuliskan komentar sama sekali bukan kewajiban.
Nisrina Lubis

Leave a Response