The Past (2013); Film Drama Keluarga dengan Penuh Tabir Rahasia

The Past (2013); Film Drama Keluarga dengan Penuh Tabir Rahasia
The Past. Sumber gambar: IMDB

The Past (berjudul asli Le passé) disutradarai oleh Asghar Farhadi (Separation, About Elly, The Salesman). Dibintangi Bérénice Bejo (The Artist), Ali Mosaffa, Tahar Rahim (A Prophet, Grand Central, The Anarchists)

Di awal 2015, yang saya tonton untuk mengisi hari liburan adalah film The Past, buatan negara Prancis, menggunakan bahasa Prancis, namun kesan pertama semenjak adegan awal, ceritanya akan berkisar pada kehidupan masyarakat muslim di Prancis. Dibuka dengan adegan seorang lelaki berwajah Timur Tengah yang dijemput di bandara oleh seorang perempuan. Laki-laki ini berkebangsaan Iran namun fasih berbahasa Prancis, sementara si perempuan bernama Marie. Penonton diajak untuk menebak-nebak semenjak awal, ada hubungan apa kedua orang ini dan untuk apa mereka bertemu.

Ahmad adalah suami Marie yang memutuskan untuk berpisah sejak lama. Tujuan kedatangannya ke Prancis adalah untuk mengurus perceraiannya dengan Marie, yang lama tertunda karena Ahmad belum kunjung datang. Hubungan keduanya terlihat baik-baik saja. Marie berulang-ulang mengiriminya email dan menceritakan banyak hal, tapi sayang Ahmad tidak membaca satu pun email tersebut. Sehingga wajar jika ia agak emosional begitu tahu bahwa Marie memaksanya untuk bercerai karena sudah ada pria lain yang bersama dirinya.

The Past (2013); Film Drama Keluarga dengan Penuh Tabir Rahasia
Sumber gambar: IMDB

Sebenarnya Ahmad tidak mempermasalahkan hal itu. Baginya wajar saja jika Marie mencari pengganti dirinya, dari pernikahan mereka tidak menghasilkan keturunan. Marie pun memintanya datang untuk berbicara pada Lucie, putri sulung Marie dari penikahan lainnya yang sudah berangkat remaja. Dikatakannya, akhir-akhir ini Lucie suka pulang malam. Lucie melakukan itu karena tidak suka dengan perilaku hidup ibunya yang tinggal seatap dengan Samir, pria yang usianya jauh lebih muda daripada Marie dan memiliki seorang putra bernama Fouad. Di Prancis living together is not a big deal, tapi status Samir-lah yang dipersoalkan oleh Lucie. Pria itu masih beristri dan istrinya koma gara-gara perselingkuhan Samir dengan Marie.

Satu demi satu misteri terkuak melalui tokoh-tokohnya, mereka terlilit salah paham dan rumit selama ini. Sebuah kejadian bisa menjadi banyak versi dan masing-masing merasa terlibat di dalamnya. Mau tidak mau, Ahmad pun terlibat sampai jauh meskipun ia tidak menginginkannya. Sahabatnya menyarankan agar ia melepaskan diri, tapi jauh di lubuk hati terdalam, Ahmad merasa bertanggung jawab pada Marie dan keluarganya.The Past adalah sebuah film keluarga dengan adegan-adegan drama yang membuat penonton terus bertanya-tanya, siapa yang benar dalam hal ini dan siapa yang hanya mengarang-ngarang cerita untuk menutupi kebohongannya.

Trailer The Past:

Yogyakarta, 3 Januari 2015.

Nisrina Lubis

Nisrina Lubis

Saya menganggap blog ini sebagai rumah virtual. Segala yang saya sukai, saya tuliskan di sini, tanpa kecuali. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Menuliskan komentar sama sekali bukan kewajiban.
Nisrina Lubis

Leave a Response