Spider Lilies (2007); Film Tentang Cinta Lama yang Bersemi Kembali

Spider Lilies (2007); Film Tentang Cinta Lama yang Bersemi Kembali
Spider Lilies (2007). Sumber gambar: IMDB

Spider Lilies (berjudul asli Ci qing) memenangkan Teddy pada Berlin International Film Festival 2007. Cinta lama yang bersemi kembali adalah tema besar film buatan Taiwan ini. Spider Lilies merupakan bunga yang menjadi gambar tato di lengan kiri Takeko, seorang tatois yang membuka usahanya di pusat kota. Tato itu bukanlah sekedar hasil karya seni, tetapi sangat bermakna baginya untuk menebus kesalahannya pada Ching, sang adik yang kehilangan ingatannya akibat gempa tahun 1999. Sang adik melihat ayahnya meninggal tertimpa reruntuhan rumah. Kejadian itu menjadi trauma yang membuatnya menjadi berubah.

Hingga beberapa tahun berselang, Takeko tetap berharap sang adik bisa kembali menjadi adiknya yang dulu. Selain mengurus adiknya, dia pun sibuk bekerja di tokonya sendiri. Dia membuat lukisan untuk tato para pelanggannya, termasuk pesanan Adong. Adong adalah sahabat Takeko yang juga preman dan butuh lebih banyak tato di tubuhnya untuk menambah rasa percaya diri.

Di tempat yang lain, ada seorang perempuan yang bekerja untuk sebuah web porno sebagai salah satu dari sekian banyak perempuan yang menawarkan jasa seksualitas lewat webcam dan internet. Jade memiliki pelanggan tetap namun tentu saja dia tidak tahu pasti dengan siapa dia berbicara.

Di suatu kali dia teringat kembali dengan cinta pertamanya. Itu terjadi saat dia masih kecil. Jade jatuh cinta pada tetangganya yang perhatian padanya. Dia sangat ingat dengan tato bunga Lili di lengan tetangganya itu. Dia tidak menyadari hal itu ketika bertemu Takeko.

Banyak hal yang membingungkan dalam film Spider Lilies dan juga alur yang bolak-balik dan membuat otak berusaha untuk memahami satu hal dan lainnya. Juga karakter polisi yang menyelidiki kasus Jade terlalu lemah dan tidak berkharisma untuk menarik perhatian orang seperti Jade. Karakter Takeko yang kurang detil dan tidak cocok untuk gambaran seorang tatois yang seharusnya punya lebih dari satu tato saja di tubuh. Dan karakter Jade yang jauh dari kesan sensual untuk sebuah pekerjaan yang harus menarik minat banyak mata itu.

Trailer Spider Lilies:

Nisrina Lubis

Nisrina Lubis

Saya menganggap blog ini sebagai rumah virtual. Segala yang saya sukai, saya tuliskan di sini, tanpa kecuali. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Menuliskan komentar sama sekali bukan kewajiban.
Nisrina Lubis

Leave a Response