5 Pasangan Lesbian beserta Konfliknya dalam Film dan Serial TV

Bahasan kali ini saya beri tajuk: 5 Pasangan Lesbian beserta Konfliknya dalam Film dan Serial TV. Penonton melihatnya sebagai keselarasan, tapi di balik itu ada konflik yang harus dihadapi sepanjang cerita.

Kehidupan LGBT semakin menjadi unsur wajib di layar kaca, jika Anda seorang penikmat film maupun serial TV ala negara-negara Barat. Meskipun saya belum pernah menonton Glee maupun Modern Family, dua itu termasuk di dalamnya, selain serial yang memang dibuat dengan konsep khusus mengangkat kehidupan kaum minoritas—hey apakah masih minoritas?

Memperkenalkan LGBT bukan suatu hal yang salah, seperti halnya memperlihatkan berita kriminal atau kecelakaan tragis. Kita hidup dalam banyak realitas, bisa menerima atau tidak, untuk kembali ke masing-masing orang. Akan menjadi tidak benar jika apa yang ditampilkan adalah sisi yang melulu negatif sehingga orang akan menyamaratakan tanpa dasar apa pun. Always breaking the rules, always party, always do drugs, cenderung depresi, pencemburu berat, psikopat, dan banyak lagi.

 

 

1. Alice & Tasha (The L Word)

Pasangan ini merepresentasikan relationship antara kulit putih dan hitam yang cukup jarang diangkat ke layar kaca, di samping Tasha pun mendapat tekanan dari atasannya karena perkara orientasi seksual. Juga luapan perasaan ketika Alice mengantarkan Tasha untuk menjalani tugas negara.

2. Wil & Vivian (Saving Face)

Dua warga negara Amerika berdarah Cina. Tinggal di negara yang bebas, tapi komunitas mereka menantang adanya hubungan dengan sesama jenis. Sesuatu yang dianggap memalukan keluarga, seperti halnya kehamilan di luar nikah.

3. Shane & Paige (The L Word)

Paige memiliki satu anak laki-laki. Salah satu konflik yang cukup mendasar dari pasangan ini adalah ketika keduanya datang ke sekolah dan orang-orang memandang dengan sebelah mata serta bisa memberikan efek buruk pada anak-anak di sekolah dengan menjalin hubungan di luar kewajaran.

 

4. Emma & Adele (Blue is the Warmest Color)

Adele sama seperti remaja di Prancis lainnya, punya geng yang isinya cewek semua dan ke mana-mana selalu bareng. Lengket kayak prangko sampai Adele terlihat jalan bareng sama Emma. Adele akhirnya kena bully satu sekolahan, dan lebih menyakitkan lagi ketika teman-teman satu gengnya pun menjauh seolah Adele punya penyakit menular.

5. Piper & Alex (Orange is the New Black)

5 Pasangan Lesbian beserta Konfliknya dalam Film dan Serial TV
Pasangan lesbian dalam serial Orange is the New Black. Sumber gambar: IMDB

Menghadirkan sebuah awkward relationship di mana Piper sudah bertunangan dan berada satu tahanan dengan Alex si mantan pacar yang masih menarik seperti dahulu. Saling benci karena sama-sama mengkhianati hubungan lalu mencoba berdamai dengan kenyataan. Percayalah, tidak mudah berteman dengan mantan pacar, apalagi si mantan masih setia menjomblo.

 

Jogja, 18 Juni 2015

Nisrina Lubis

Nisrina Lubis

Saya menganggap blog ini sebagai rumah virtual. Segala yang saya sukai, saya tuliskan di sini, tanpa kecuali. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Menuliskan komentar sama sekali bukan kewajiban.
Nisrina Lubis